Entri yang Diunggulkan

FARMAKOLOGI 1 : MAKALAH DASAR TERAPI ANTIDOTE

MAKALAH FARMAKOLOGI DASAR TERAPI ANTIDOTE Di susun oleh : Dina Istiana                             ( M35140 14 ) Fiqri Yusuf...

Selasa, 12 Januari 2016

LAPORAN PRAKTIKUM FITOKIMIA : ISOLASI MINYAK ATSIRI DARI CENGKEH

LAPORAN PRAKTIKUM FITOKIMIA
PERCOBAAN 2
ISOLASI MINYAK ATSIRI DARI CENGKEH

 
                                             Kelompok 1
Abdurrahman Al-asy’ary        (M3514001)
Adilla Nurmitta                       (M3514002)
Agustina Nur Rohmah            (M3514003)
Amalia Dian K                        (M3514005)
Ani Nurhayati                         (M3514007)
Dewi Yulinawati                     (M3514012)
Dian Islami Maharani              (M3514013)
Dina Istiana                             (M3514014)



LABORATORIUM FARMASI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
PERCOBAAN II
ISOLASI MINYAK ATSIRI DARI CENGKEH

A.    Tujuan Percobaan
Mampu membuat minyak atsiri dengan cara penyulingan dan ekstraksi dari cengkeh.
Mampu melakukan analisa kualitatif dengan mnggunakan KLT
B.     Dasar Teori
Menurut  Ketaren  (1987)  metode  destilasi  minyak  atsiri salah satunya adalah destilasi Stahl, metode  ini  pada  prinsipnya  sama  dengan  destilasi  dengan  air  dan  uap kecuali air tidak diisikan dalam labu. Uap yang digunakan uap jenuh atau kelewat panas  pada  tekanan  lebih  dari  pada  1  atmosfir.  Uap  dialihkan  melalui  pipa  uap berlingkar  yang  berpori  yang  terletak  dibawah  bahan  dan  uap  bergerak  ke  atas melalui bahan yang terletak di atas saringan.
Peralatan  pada  metode  destilasi  dengan  air  (hidrodestilasi)  pada  umumnya terdiri  dari  3  bagian  utama.  Tiga  bagian  utama  tersebut  adalah  alat penyulingan, pendingin dan penampung kondensat. Alat penyulingan berfungsi sebagai tempat bahan tanaman yang akan diproses. Dalam alat ini terdapat air yang berhubungan langsung  dengan  bahan  tanaman  dan  menguapkan  minyak  atsiri  yang dikandungnya. Pendingin berfungsi mengubah uap uap air yang mengandung uap minyak atsiri menjadi cairan. Penampung kondensat berfungsi untuk memisahkan minyak  atsiri  dari  air  yang  terkondensasi  secara  sempurna.  Kondensat  mengalir dari  pendingin  ke  penampung  kondensat  dan  akan  terlihat  minyak  atsiri  yang dihasilkan  akan  terpisah  dari  air  dengan  sendirinya,  karena  berat  jenis  minyak atsiri lebih ringan dari pada air (Sastrohamidjojo, 2004).
Prinsip kerja destilasi stahl sama dengan destilasi dengan air (hidrodestilasi). Namun  destilasi  stahl  memiliki  beberapa  kelebihan.  Kelebihan  penggunaan destilasi stahl antara lain: 
a.       Minyak  atsiri  yang dihasilkan tidak berhubungan  langsung dengan udara luar sehingga tidak mudah menguap.
b.      Volume  minyak  atsiri  yang  dihasilkan  dapat  langsung  diketahui  jumlahnya karena alatnya dilengkapi dengan skala.
Kromatografi  adalah  salah  satu  metode  pemisahan  komponen  dalam  suatu sampel  dimana  komponen  tersebut  didistribusikan  di  antara  dua  fasa  yaitu  fasa gerak dan fasa diam.  Fasa gerak adalah fasa yang membawa cuplikan, sedangkan fasa  diam  adalah  fasa  yang  menahan  cuplikan  secara  efektif  (Sastrohamidjojo,1991). 
Ditinjau  secara  fisik,  kromatografi  lapis  tipis  merupakan  salah  satu  jenis kromatografi planar. KLT memiliki banyak kesamaan dengan kromatografi kertas dalam penotolan sampel, pengembangan kromatogram dan cara deteksinya, tetapi proses pemisahan  yang terjadi pada KLT dan kromatografi kertas berbeda.  Pada KLT  pemisahan  yang  terjadi  secara  adsorbsi,  sedangkan  dalam  kromatografi kertas proses pemisahannya terjadi secara partisi.
Fase  diamnya  berupa  padatan  penyerap  yang  dihasilkan  pada  sebuah  plat datar dari gelas, plastik atau alumunium sehingga membentuk lapisan tipis dengan ketebalan tertentu.  Fase diam atau penyerap yang bisa digunakan sebagai pelapis plat  adalah  silika  gel  (SiO2),  selulosa,  alumina  (Al2O3)  dan  kieselgur  (tanah diatome).   Kebanyakan  penyerap  yang  digunakan  adalah  silika  gel,  dimana  telah tersedia plat yang siap pakai (Padmawinata, 1991).
Pelarut  sebagai  fasa  gerak  atau  eluen  merupakan  faktor  yang  menentukan gerakan  komponen-komponen  dalam  campuran.   Pemilihan  pelarut  tergantung pada sifat kelarutan komponen tersebut terhadap  pelarut  yang digunakan.  Trappe dalam Sastrohamidjojo mengatakan bahwa kekuatan dari elusi deret-deret pelarut untuk  senyawa-senyawa  dalam  KLT  dengan  menggunakan  silika  gel  akan  turun dengan urutan sebagai berikut : air murni > metanol > etanol > propanol > aseton >  etil  asetat  >  kloroform  >  metil  klorida  >  benzena  >  toluena  >  trikloroetilen >tetraklorida  >  sikloheksana  >  heksana.  Fasa  gerak  yang  bersifat  lebih  polar digunakan  untuk  mengelusi  senyawa-senyawa  yang  adsorbsinya  kuat,  sedangkan fasa  gerak  yang  kurang  polar  digunakan  untuk  mengelusi  senyawa  yang adsorbsinya lemah (Sastrohamidjojo, 1991). Analisis  suatu  senyawa  dalam  KLT  biasanya  dilakukan  dengan dibandingkan terhadap senyawa standarnya.  Pengamatan yang lazim berdasarkan pada  kedudukan  dari  noda  relatif  terhadap  batas  pelarut  yang  dikenal  sebagai harga Rf (Retardation factor) yang didefinisikan sebagai berikut :
RF : Jarak komponen yang bergerak/ Jarak pelarut yang bergerak
Identifikasi  awal  senyawa  pada  kromatogram  dapat  dilakukan  dengan melihat  warna  noda  dibawah  sinar  UV  atau  dengan  menyemprotkan  pereaksi warna sesuai dengan jenis atau kelas senyawa yang dianalisis.
Faktor-faktor  yang  mempengaruhi  gerakan  noda  dalam  kromatografi  lapis tipis  yang  mempengaruhi   harga  Rf  adalah  sebagai  berikut  (Sastrohamidjojo, 1991) :
a.       Struktur kimia dari senyawa yang dipisahkan.
b.      Sifat  dari  penyerap  dan  derajat  aktivitasnya.  Aktivitas  dicapai  dengan pemanasan  dalam  oven.  Perbedaan  penyerapan  akan  memberikan perbedaan  yang  besar  terhadap  harga-harga  Rf  meskipun menggunakan pelarut yang sama.
c.       Tebal  dan  kerataan  lapisan  penyerap.  Ketidakrataan  akan menyebabkan aliran pelarut menjadi tidak rata dalam daerah yang kecil dari plat.
d.      Pelarut dan derajat kemurnian fasa gerak.
e.       Derajat kejenuhan dari uap dalam pengembang.
f.       Jumlah  cuplikan  yang  digunakan.  Penetesan  cuplikan  dalam  jumlah yang  berlebihan  memberikan  tendensi  penyebaran  noda-noda  dengan kemungkinan terbentuk ekor dan efek tak kesetimbangan.
g.      Pemisahan  sebaiknya  dilakukan  pada  suhu  tetap  untuk  mencegah perubahan-perubahan  komposisi  pelarut  yang  disebabkan  penguapan dan perubahan fasa.
h.      Kesetimbangan dalam lapisan tipis dimana bejana harus jenuh dengan uap pelarut.

C.    ALAT DAN BAHAN
Alat
a.       Seperangkat alat destilasi stahl           1 buah
b.      Gelas kimia                                         2 buah
c.       Gelas ukur                                           1 buah
d.      Pipet                                                     1 buah
e.      Ember                                                   1 buah
f.        Klem                                                    2 buah
g.       Statif                                                    2 buah
h.      Erlenmeyer                                           1 buah
i.         Timbangan                                           1 buah
j.        Aluminium foil                                     secukupnya
k.       Selang                                                    2 buah
l.         Heating manthel                                    1 buah
m.    Serbet                                                     1 buah
n.      Tisu                                                        secukupnya
o.      Pompa                                                    1 buah
Bahan
a.       Cengkeh                                                  50 gram
b.      Aquadest                                                  400 ml
c.       Air                                                            secukupnya
d.      N-heksan                                                  secukupnya
e.      Kloroform                                                 secukupnya
f.        Anisaldehid-asam sulfat                           secukupnya
g.       Silika gel                                                   1 buah
h.      Vaselin                                                      secukupnya


 D.    CARA KERJA
Penyarian minyak atsiri




 Uji KLT





   
    E.     HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil
1.                   Minyak atsiri   = 1 ml
2.                   Nilai Rf           =  0,562

Pembahasan
Pada percobaan isolasi minyak atsiri dari cengkeh ini dilakukan dengan metode destilasi stahl.. Percobaan ini dilakukan dengan tujuan mempelajari teknik pemisahan minyak atsiri cengkeh dengan cara penyulingan atau destilasi dan mendeteksi keberadaan senyawa eugenol dalam minyak cengkeh yang diperoleh dengan metode KLT.
            Pada isolasi minyak atsiri cengkeh ini dilakukan dengan metode destilasi stahl dengan prinsip berdasarkan perbedaan titik didih suatu zat. Komponen dengan titik didih yang lebih rendah akan menguap terlebih dahulu, sedangkan yang mempuyai titik didih lebih tinggi akan tertampung di labu distilasi. Saat pemanasan uap yang dihasilkan akan mengalir pada pipa kondensor untuk didinginkan kembali, sehingga uap air akan diubah kembali menjadi cair.
            Keuntungan dari destilasi stahl adalah :
1.      Alat sederhana dan mudah di peroleh.
2.      Mudah dilakukan.
3.      Kualitas minyak atsiri yang dihasilkan baik, asal di perhatikan suhunya jangan terlalu tinggi.
4.      Lebih cepat di dapatkan hasil karena dibantu dengan proses pemanasan.
5.      Hasil (volume) minyak atsiri dapat langsung diukur.
6.      Pelarut dapat ditambahkan sehingga mencegah habisnya pelarut               
Kerugian teknik destilasi stahl:
1.   Tidak semua bahan dapat dilakukan dengan teknik ini, terutama bahan yang mengandung fraksi sabun, bahan yang larut dalam air, bahan yang tidak panas (termolabil) dan bahan yang mudah hangus.
2.      Adanya air sering terjadi hidrolisa                
3. Waktu penyulingan lama.                                                                                                                                                                                                             
Cengkeh memiliki bau yang khas berasal dari minyak atsiri yang terdapat pada bunga (10-20%), tangkai (5-10%) dan daun (1-4%). Komponen terbesar yang terdapat dalam minyak atsiri cengkeh adalah eugenol sebesar 70-80%.
Metode destilasi stahl ini merupakan teknik penyulingan suatu campuran yang berwujud cairan yang tidak saling bercampur, hingga membentuk dua fasa atau dua lapisan. Proses ini dilakukan dengan bantuan air maupun uap air. Destilasi stahl termasuk dalam teknik hidrodestilasi dengan metode destilasi air. Hidrodestilasi memiliki 3 jenis metode berdasarkan cara penanganan bahan yang diproses yaitu : destilasi air, destilasi uap dan air serta destilasi uap langsung.
Cengkeh yang digunakan dalam percobaan ini 30 gram. Pada pemasangan alat distilasi diberi vaselin di setiap sambungannya agar tidak ada celah uap keluar, sehingga hasil distilasi yang didapat maksimal. Cengkeh dimasukkan ke dalam labu alas bulat dan ditambahkan air, kemudian diaduk. Penambahan air ditujukan sebagai pelarut. Penggunaan pelarut air dikarenakan lebih aman, lebih praktis dan ekonomis, serta memiliki titik didih yang lebih tinggi dari titik didih minyak atsiri cengkeh. Pemasan berlangsung selama satu jam.
Minyak atsiri yang berasal dari cengkeh akan menguap bersama air selama proses pemanasan. Uap tersebut kemudian melewati kondensor. Fungsi kondensor adalah sebagai pendingin uap, sehingga uap yang melewati kondensor akan berubah wujud menjadi cair kembali (mengembun). Proses pendinginan ini terjadi karena di dalam kondensor dialiri air, dimana air ini dilewatkan dari bagian bawah kemudian dibuang di bagian atas. Hal ini dimaksudkan jika air dimasukkan di bagian atas maka akan terjadi pertemuan suhu panas dari uap dengan suhu dingin dari air, sehingga berisiko alat akan pecah. Uap yang telah melewati kondensor dan mengalami perubahan fase menjadi cairan (biasa disebut destilat) akan ditampung pada erlenmayer.
Distilat yang diperoleh dari percobaan ini yaitu campuran air dan minyak, dimana terbentuk 2 fase. Bagian atas berwarna putih keruh, sedangkan bagian bawah berwarna kekuningan. Bagian atas tersebut mengindikasikan air, sedangkan bagian bawah minyak atsiri dari cengkeh. Hal ini sesuai  dengan massa jenis  eugenol (minyak atsiri cengkeh) lebih besar yaitu 1,0315 gram/ml sedangkan air 1,0 gram/ml sehingga dalam campuran minyak atsiri cengkeh akan berada di bagian bawah. Bau khas cengkeh juga dihasilkan dari destilat yang diperoleh.
Proses pemisahan minyak dan air ini menurut teori dilakukan dengan cara dekantasi distilat yang selanjutnya ditambahkan MgSO4 dengan tujuan mengikat sisa-sisa air sehingga diperoleh eugonol murni dan bulatan-bulatan kecil tadi membentuk bulatan besar. Namun pada percobaan ini, pemisahan minyak dan air dilakukan dengan menggunakan pipet tetes, dikarenakan hasil minyak atsiri yang diperoleh hanya sedikit.
Volume  minyak atsiri yang diperoleh adalah 1 ml, atau jika dikonversikan menjadi satuan gram adalah 0,85 gram, sehingga dapat dihitung rendemen minyak atsiri adalah 1,7 %. Menurut Nurdjannah (2004), hasil distilasi bunga cengkeh selama 9 jam menghasilkan rendemen 9,67% dengan kadar eugenol 71,56%, trans-karyofilen 11,63%, dan eugenol asetat 15,14%. Perbedaan rendemen ini  menunjukkan bahwa lama distilasi berpengaruh terhadap rendemen minyak cengkeh, selain itu perbedaan metode isolasi, jenis pelarut asal bunga cengkeh dan preparasi bunga cengkeh sebelum distilasi dapat mempengaruhi rendemen minyak cengkeh yang dihasilkan.
Setelah diperoleh hasil minyak cengkeh dilakukan proses pemisahan dengan cara Kromatgrafi Lapis Tipis (KLT). KLT adalah suatu metode pemisahan fitokimia dari campuran zat dengan menggunakan sebuah lapisan tipis bahan penjerap, karena penggunaan lapis tipis ini, maka prosesnya disebut Kromatografi Lapis Tipis. Prinsip KLT adalah pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kepolaran. Pada proses KLT dugunakan dua jenis fase yaitu fase diam dan fase gerak. Fase diam atau bahan penjerap terdiri dari  bahan berbutir-butir yang di tempatkan pada penyangga berupa plat, gelas, logam, atau lapisan yang cocok. Fase diam pada umumnya adalah silika gel, aluminium oksida, kiesel guhr, selulosa. Pada percobaan ini digunakan fase diam silika gel GF-254. Alasan pemilihannya karena mudah di dapat dan tidak berisiko terjadi kesalahan. Sedangkan fase gerak adalah media angkut yang terdiri dari suatu atau beberapa pelarut, bergerak di dalam fase diam karena adanya gaya kapiler. Pada percobaan ini digunakan fase gerak N-heksana : kloroform (3:2) dan digunakan sebnayak 10ml. Pemilihan fase gerak didasarkan pada sifat kelarutan dan memiliki polaritas yang berbeda karena daya elusi dapat disesuaikan sehingga berlaku untuk semua jenis senyawa yang terkandung dalam cuplikan. Sebenarnya N-heksan yang bersifat non-polar dapat menghambat aliran eugenol dan sifat kloroform dapat membawa senyawa lain yang dapat bercampur bersama-sama dengan eugenol terelusi atau naik keatas sehingga yang akan terdeteksi adalah eugenol.
            Persyaratan pelarut yang digunakan antara lain:
1.    Mempu menghasilkan pemisahan yang baik.
2.    Tidak merusak lapisan adsorben yang digunakan.
3.    Tidak bereaksi dengan senyawa yang dipisahkan.
4.    Cairan elusi biasanya berupa zat organik yang mudah menguap agar memudahkan pengerjaaan selanjutnya.
            Setelah fase gerak dibuat dilakukan penjenuhan dengan cara mencelupkan ujung kertas saring pada fase gerak dalam gelas beker dan ditutup, dibiarkan fase gerak merambat hingga ujung atas kertas saring. Tujuan dari penjenuhan ini adalah untuk mempercepat proses elusi. Penutupan gelas beker adalah untuk meyakinkan bahwa kondisi dalam gelas beker terjenuhkan oleh uap pelarut.Untuk mendapatkan kondisi ini dalam gelas beker ditempatkan kertas saring yang terbasahi oleh pelarut. Kondisi jenuh dalam gelas beker dengan uap mencegah penguapan pelarut .
            Setelah fase gerak jenuh dilakukan proses KLT. Fase diam yaitu silika gel GF 254 ditotoli minyak atsiri cengkeh yang diperoleh. Kemudian dimasukan kedalam fase gerak.. Penotolan pada plat KLT dilakukan sedemikian rupa dan diusahakan diameter totolan sekecil mungkin agar tidak terjadi penyebaran noda-noda dan timbulnya noda ekor. Pencelupan plat KLT diusahakan tidak melebihi garis batas bawah, karena dapat mempengaruhi totolan sampel yang terelusi dan totolan yang dihasilkan tidak jelas saat di lihat di bawah lampu UV VIS.
          Deteksi noda dilakukan menggunakan lampu UV-254 nm dan UV-366 nm. Kemudian dihitung harga Rf. Nilai Rf yang diperoleh adalah 0,56.

Penghitungan nilai Rf  = Jarak yang ditempuh oleh noda /
                                          Jarak yang ditempuh pelarut
Besarnya Rf tergantung pada kepolaran suatu sampel. Semakin polar suatu sampel maka nilai Rf nya semakin kecil, karena sampel cenderung lebih berikatan dengan fase diam (plat) yang juga bersifat polar. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam gerakan noda dalam KLT juga mempengaruhi harga Rf :
1.      Struktur kimia yang bersenyawa yang sedang dipisahkan
2.      Sifat dari penyerap dan derajat aktifitasnya
3.      Tebal dan kerataan dari lapisan penyerap
4.      Pelarut fase gerak
5.      Kepolaran senyawa yang dipisahkan
6.      Derajat kejenuhan dari uap dalam bejana pengembangan yang digunakan teknik percobaan jumlah cuplikan yang digunakan
7.      Suhu
8.      Kesetimbangan

   F.     KESIMPULAN
Setelah dilakukan percobaan dapat disimpulkan bahwa :
·         Minyak atsiri yang diperoleh dari 50 gram cengkeh sebesar 1 ml
·         Analisa kualitatif dari cengkeh dengan menggunakan KLT didapat harga Rf sebesar 0,56
·         Destilasi stahl dapat digunakan untuk memisahkan minyak atsiri secara langsung


    G.    DAFTAR PUSTAKA
Ketaren,  1987,  Minyak  atsiri,  UI  Press,  Terjemahan  :  Guenther,  E.,  1947, Essential Oils, Vol.1, John Willey and Sons, New York, Hal : 21-25, 90, 132-134, 244-245.
Padmawinata, K.1991.  Pengantar Kromatografi,  Edisi ke-2,  ITB, Bandung, Terjemahan : Introduction to Chromatografi, Gritter, R.J., Bobbitt, J.M., and Schwarting, A.E., 1985, Holden Day Inc, USA, Hal : 109-175
Sastrohamidjojo,  H.,  2004,  Kimia  Minyak  Atsiri,  Gadjah  Mada  University  Press, Yogyakarta, Hal : 13-14
Sastrohamidjojo,  H.,  1991,   Spektroskopi,   Liberty,   Yogyakarta,   Hal  :  1-97, 163-184http://w23.indonetwork.co.id/pdimage/73/2102073_destilasipemanaslistrik.jpg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar